KOMUNITAS SLiMS INDONESIA

 

1. Pendahuluan

Komunitas SLiMS ( Senayan Library Management System ) adalah merupakan komunitas yang mempunyai minat bersama pada perangkat lunak SLiMS. SLiMS merupakan perangkat lunak untuk pengelolaan perpustakaan yang dirilis dengan lisensi open source (http://senayan.diknas.go.id). SLiMS telah digunakan oleh lebih dari 120 perpustakaan di Indonesia, baik perpustakaan sekolah, perpustakaan umum, perpustakaan khusus maupun perpustakaan Perguruan Tinggi. SLiMS sendiri dikembangkan oleh pustakawan di Indonesia dan didukung oleh para programer dari luar negeri.

Ide mendirikan komunitas SLiMS adalah didorong oleh keinginan untuk belajar bersama tentang SLiMS, terinspirasi model komunits Linux dengan visi  ingin memerdekaan pustakawan dan meningkatkan kompetensi pustakawan terutama dalam bidang teknologi informasi. Sebagaimana kita ketahui bahwa masih ada banyak pengelola perpustakaan yang belum mengenal perangkat untuk manajemen perpustakaan.

Komunitas SLiMS ingin mengangkat harkat dan martabat pustakawan dengan SLiMS yang menyediakan solusi berbasis komunitas. Target komunitas SLiMS kedepan adalah membuat perpustakaan yang ingin menggunakan perangkat lunak untuk otomasi dapat terfasilitasi dengan SliMS dan ingin membangun sistem katalog induk SLiMS.

2.  Tujuan Komunitas SLiMS

Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dengan dibentuknya komunitas SliMS, antara lain :

a.    Mengangkat harkat dan martabat pustakawan, sehingga memiliki peran penting dalam  mengembangkan sistem otomasi perpustakaan dengan SliMS.

b.    Menjalin komunikasi antar pengguna Software SliMS, sehingga dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada dalam mengembangkan sistem otomasi perpustakaan dengan SliMS

c.    Memfasilitasi terhadap perpustakaan yang akan mengembangkan otomasi perpustakaan dengan menggunakan software SliMS.

3.  Jenis Kegiatan

Komunitas SliMS telah melakukan berbagai kegiatan terkait dengan pengembangan perpustakaan yang menggunakan sistem otomasi dengan software Senayan (SLiMS), yang antara lain :

a. Diskusi antar pengguna (pustakawan) yang menggunakan SliMS
b. Seminar atau workshop terkait dengan pengembangan Software SLiMS
c. Pelatihan cara Instal dan operasional SliMS
d. Konsultasi terkait dengan masalah-masalah yang ada dalam Sofware SliMS
e. Kerjasama dalam bidang pengembangan Teknologi Informasi dengan pihak Pemerintah Kota/Kabupaten atau dengan pihak-pihak   lain (swasta)

f. Temu Komunitas pengguna Software SliMS

4. Komunitas SliMS Indonesia

Komunitas SliMS Indonesia telah berkembang di berbagai wilayah yang ada di Indonesia, dari tingkat propinsi sampai ke wilayah kota dan kabupaten, yang antara lain :

  1. Komunitas SliMS Jakarta
  2. Komunitas SliMS Jawa Barat
  3. Komunitas SliMS Jawa Tengah
  4. Komunitas SliMS Yogyakarta
  5. Komunitas SliMS Jawa Timur
  6. Komunitas SliMS Malang Raya
  7. Komunitas SliMS Surabaya
  8. Komunitas SliMS Madiun Raya
  9. Komunitas SliMS Solo
  10. Komunitas SliMS Aceh
  11. Komunitas SliMS Sukabumi
  12. Komunitas SliMS Bandung
  13. Komunitas SliMS Padang
  14. Komunitas SliMS Medan
  15. dll

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar